Saturday, October 31, 2009

Presiden Pangkalan Ojek

Hidup di Jakarta, hanya sedikit orang yang bisa lepas dari ketergantungan akan jasa angkutan umum. Salah satu yang paling sering didenger mungkin adalah ojek motor.

Ya, ojek. Di posting ini, gue bakal ngebahas tentang kendaraan umum roda dua yang satu ini. Kenapa gue nulis tentang ginian? Tanya dokter. Kenapa dokter? Karena semua orang percaya sama dokter. Dokter bilang gue ganteng, ya gue percaya gue ganteng. Karena itu gue bayar mahal buat ke dokter.

*

Disadari atau tidak, ojek motor udah mendampingi hidup mayoritas orang di Jakarta dalam menempuh jalan menuju tujuannya. Banyak manfaat yang bisa kita dapet dari tukang ojek. Dia selalu nganterin kemana kita mau, terima aja kalo kita suruh muter-muter, selalu ngebuatin makanan, selalu ngerawat kalo kita sakit, nyapu, ngepel, nyetrika... kayaknya gue ketuker antara ojek sama pembantu.



Ojek adalah salah satu angkutan yang relatif murah. Murah, tergantung jarak dan bobot badan. Terkadang ojek meminta uang lebih kepada orang yang badannya 'besar' dengan alasan 'bawa dua orang'. Hemm, masuk akal.

Anyway, gue sendiri waktu SMP juga punya langganan ojek. In fact, ada satu pangkalan yang isinya ojek langganan gue semua. Sempet gue mau namain 'Pangkalan Ojek Bobby Sejahtera' tapi batal, mengingat penderitaan yang mungkin diderita anak gue nanti kalo tau nama bokapnya bukan jadi nama jalan, sekolah, tapi pangkalan ojek.

Mungkin nanti anak gue bakal nanya, "Yah, pangkalan ojek Bobby Sejahtera itu punya Ayah ya?" Gue akan jawab dengan: "Bukan, nak. Itu pangkalan ojek punya Bobby Sadino."

Kembali ke pangkalan ojek langganan tadi. Pangkalan itu terletak di deket puskesmas Pejompongan. Kalo gue lagi jalan ke arah sana, bahkan masih jauh pun salah satu tukang ojeknya ada yang ngangkat tangan. Karena ditodong. Eh, maksud gue karena nawarin diri (ini tukang ojek apa psk?) untuk meng-ojeki gue pulang.

Gue curiga kayaknya di tempat nongkrong para tukang ojeknya ada sensor yang bisa menangkap kehadiran gue dalam radius lima puluh meter. Hebat, gue ngerasa jadi presiden. Presiden pangkalan ojek.

Elit abis.

*

Ketika udah SMA, frekuensi gue naik ojek berkurang jauh. Hal ini karena gue udah berpaling kepada bis dan angkot, yang harganya jaaaaaaaaaauuuuuh lebih murah. Dari sekolah sampe rumah total uang yang gue abisin buat ongkos hanya dua ribu.

Tapi gue bingung. Beberapa tukang ojek tampaknya begitu memaksa mendapat tumpangan.

Contohnya begini. Di ujung jalan depan St. Regis yang sangat indah nan rapi sampai-sampai kalo jalan di sana menipiskan sol sepatu dan kalau naik motor lo akan merasakan getaran bagai vibrator alami dari jalan penuh batu itu, ada pangkalan ojek yang panjang.

Kalo gue lewat situ, tukang ojek yang terdekat ngangkat tangannya. Karena gue ga naik ojek, gue geleng.

Tukang ojek berikutnya, gitu juga.
Tukang ojek setelahnya, gitu lagi. Sampai ujung antrian.

Pertanyaan gue, kenapa ojek setelahnya enggak sadar kalo gue ga mau naik ojek setelah gelengan gue yang pertama? Masih aja mereka menawarkan jasa, berharap kalo tiba-tiba di tengah jalan gue kena ambeyen dan berubah pikiran untuk naik ojek.

Begitu juga di pangkalan ojek benhil. Dan yang bikin susah, pangkalan ojek di sini panjang banget. Empat kali lebih panjang dari St. Regis, karena sepanjang jalan ada ojek. Engsel kepala gue sampe kerasa mau copot saking seringnya nggeleng.

Huah.

*

Nevertheless, tukang ojek tetep menjadi pilihan gue kalo mau ketempat-tempat yang enggak bisa gue jangkau dengan angkutan umum lain (baca: males). Karena at least ojek lebih cocok dengan budget dompet gue daripada taksi.

Apa diantara Anda masih sering menggunakan ojek? Semoga selamat sampai tujuan. Periksa barang bawaan anda, dan hati-hati melangkah. Damn, ketauan deh kalo yang suka ngomong di transjakarta itu gue.

0 Comments:

Post a Comment

What do you think?