Thursday, January 14, 2010

The Ol' Fairy Tales

Hai. Malem-malem tiba-tiba pengen posting.

Ada yang masih inget sama fairy tale jaman dulu? You know... kayak Cinderella, Little Red Riding Hood, Beauty and the Beast, Little Mermaid, Snow White, The Little Match-Seller, Three Little Pigs, dan yang lainnya. You see, cerita-cerita itu mengisi masa kecil gue; memberi harapan, membiarkan imajinasi gue melayang saat ngebaca buku tentang cerita-cerita itu. Padahal dulu gue aja masih sering ngiler.

Tapi bisa terlihat di jaman sekarang, cerita-cerita tadi hampir ga pernah diceritakan lagi. Apalagi ke anak-anak kecil. Yah, mungkin di antara mereka ada yang tau Cinderella, atau setidaknya pernah denger. Tapi kalo disuruh nyeritain lagi, kira-kira bisa enggak?

Coba deh, luangin waktu sebentar untuk baca-baca atau nonton lagi buku-buku dan film tentang cerita-cerita di atas. Disadari ataupun enggak, fairy tale yang notabene punya happy ending--walaupun di cerita gadis penjual korek api endingnya happy buat dia, tapi sedih buat yang baca--sebenernya sangat bagus buat anak-anak.

I'm not a child expert or anything, tapi seenggaknya gue tau bahwa cerita-cerita itu lebih bermanfaat daripada shitnetron atau drama reality di TV yang tayang setiap hari. Really... apa adu mulut, tonjok-tonjokan, nangis-nangisan, suap-suapan (?) pantes diliat ama anak kecil? Op kors not.

Untungnya Disney udah memfilmkan banyak di antara fairy tale itu sehingga lebih gampang dan asik diliat. Tapi mengingat itu film kartun lama... masih ada ga sih yang jual?

Si pacar pernah bilang, dia kalo udah jadi ibu nantinya, dia bakal nyeritain cerita-cerita itu sebagai bedtime stories, dongeng pengantar tidur, ke anak-anaknya.

Wow, itu pemikiran yang bagus. Boleh daftar jadi anak ga?

*

Anyway, gue baru ngegugel dan nemu link yang isinya dongeng-dongeng, dan di dalemnya tercakup fairy tales. Liat aja link di bawah ini.

http://www.dongengkakrico.com/index.php?option=com_content&view=category&id=61&Itemid=95

Sayangnya fairy tale-nya dalam bahasa Inggris, jadi kalo buat yang ga biasa... yah, coba aja pake TransTool. Walaupun hasil terjemahannya nanti bakal kayak orang Afrika pedalaman yang nyoba ngomong bahasa Inggris.

Have a great time, humans. Goodnight.

2 Comments:

fanny said...

judul blognya unik nih.btw, boleg aja mo kirim cerpen.

Anonymous said...

would you like me to translate this fooorr you

:D :D

(smile smile)

(SKSD banget deh gw)

- Khadin

(who has been secretly loving your blog. oops. no longer a secret I guess)

Post a Comment

What do you think?