Saturday, July 11, 2009

Pra-MOS yang (agak) menyenangkan.

For you who doesn't know apa itu MOS, mari gue perkenalkan dulu...

MOS adalah Masa Orientasi Siswa. Jadi siswa-siswi yang baru masuk ke satu sekolah harus melewati satu tahap yang namanya MOS tadi. Kegiatan MOS itu bertujuan untuk mengenalkan siswa-siswi terhadap sekolah baru mereka. Udah tradisi dalam setiap MOS, setiap mentor (OSIS dan MPK) berhak untuk ngerjain, jailin, atau nyuruh-nyuruh kepada siswa-siswi baru. Konon kabarnya, MOS jaman dulu itu parah, sampe ada bentak-bentakannya. Tapii... setelah akhirnya pemerintah turun tangan dan komnas HAM juga ikut membantu, kegiatan 'bentak-membentak' itu udah terhapus. Thank God!

Cukup penjelasan tentang MOS-nya, ayo lanjut ke kegiatan gue hari ini, pada tahap pra-MOS.

*

Gue dateng ke SMA 3 Jakarta jam setengah tujuh pagi (padahal disuruhnya jam tujuh. Yaah, better safe than sorry, rite?) dengan dianterin oleh bokap naik motor. Betenya, gue masih pake seragam putih biru. Hei, gue harusnya udah SMA kan?


Sampe di sana, temen-temen gue belom pada dateng. Siip, belom pada dateng mendingan gue smsan dulu ama Bella ^_^.

Enggak lama, seorang bapak guru yang budiman mengeluarkan papan tulis yang bertuliskan pembagian kelas X. Gue pertama liat X-A. Ada Djody, Recky, Nikita, daaaan... enggak ada gue. Lanjut ke X-B, cuma ada Zaki. Akhirnya pas di X-C gue liat nama gue. Menyusur ke atas, ada Syifa, Ima, sama Cheya di X-C! Hore! Hahahahah.

Anyway, enggak lama kemudian Djody ama Syifa dateng. Terus Cheya. Well, gue ngobrol-ngobrol dulu sama mereka, terus dateng Nouval, Dea, Nissa, Shasha, Recky, Adriel. It's like reunion.

Setelah itu para murid baru pun dikumpulkan di lapangan.

Kepala SMA 3, Ibu Wieke, naik ke podium untuk memberikan sambutan. Kesan gue sama kepsek ini: orangnya tegas, ngomongnya halus tapi straight to the point, overall bagus, setidaknya kalo dibandingin ama Sarni.

Setelah itu, para mentor-mentor yang baik menuntun para murid baru menuju kelasnya masing-masing.

Di kelas sains 4, itu kelas gue. Gue ngambil tempat di belakang sama Syifa, Cheya sama Ima.

Perkenalan dimulai. Jujur, susah banget buat ngapalin nama-namanya. Yang gue inget antara lain: Reva, Minit, Nadhil, Adis, Caca, Alam, Adit, Adit, Adit, Adit (gue enggak bercanda, Adit di kelas gue ada banyak), Irsyad, Faris, Iasha, Yovanca, dan Ibnu.

Lalu ada latihan yell-yell SMA 3, namanya Acicole (whatdafak). Liriknya gini:
Acicole,
Acicoleta,
Acicampe'em,
Acem acem acem, Wuh!
Oh. My. God.

Gue low profile aja dikelas, setidaknya sampai MOS berakhir. Tujuannya biar enggak dikerjainlah. Hidup gue udah cukup indah tanpa harus menanggung malu dari performing Acicole di depan kelas-kelas, terima kasih.

Susahnya ngapalin nama anak-anak sekelas, ternyata enggak seberapa daripada ngapalin nama mentor-mentornya. Yang gue apal cuma Mutia dan Dita. Chika udah pasti gue apal, dulunya kakak kelas. Haaa tapi Chika kagak megang kelas gue -_-.

Abis itu, mulai deh catatan apa yang harus dibawa hari Senin sampai Rabu atawa pada hari MOSnya.

And... they are:
>~ Name tag (udah kacau rinciannya, males gue nulis)
~ Kertas HVS bekas
~ Surat cinta untuk mentor, harus puitis, wangi, dan ditempelin yupi serta cap bibir
~ Bekal
~ Alat Sholat

Pada saat itu banyak anak-anak yang ditarikin para mentor untuk perform Acicole di kelas-kelas. Untung gue enggak. BEBAS.

Segala penyiksaan dan penindasan itu terus berlangsung selama beberapa saat, sampai akhirnya jam sembilan acara kelar.

Oh, iya. Selama kelas satu ini, ada beberapa pantangan yang harus dipatuhi, yaitu:
- Selama enam bulan sebaiknya jangan ke kantin dulu
Untuk menghindari kakak kelas yang gatel pengen ngisengin, kalau mau nitip ke mentor. Kalo emang niat mau ke sana lebih baik berbondong-bondong sekalian kayak mau demo masak, daripada sendiri-sendiri.
- Jangan naik motor atau mobil sendiri dulu
Untuk menghindari kakak kelas yang gatel pengen ngisengin (lagi), karena dulu pernah ada yang bawa mobil semua bannya dikempesin. Scary.
- Jangan keliaran di lorong kakak kelas
Untuk menghindari kakak kelas yang gatel pengen ngisengin (lagi lagi lagi), karena sama aja kayak masuk kandang macan.

Kesimpulan yang gue dapet: kakak kelas di SMA 3 pada jarang mandi. No offense :)

Akhirnya waktunya untuk pulang, gue ngebis bareng Syifa dan simsalabim gue udah nyampe depan 40. Berhubung ada Bella di sana, mampir dulu ah, say hi. BD

Pra-MOS. Pesan moral, keep low profile on top.

3 Comments:

vina febria syafira said...

wah ga sekelas sama niki ya bob? haha. untung aja gue ga disuruh bikin surat cinta haha.

zella said...

bob, ampe segitunya kah kakak kelas di 3? di skolahan gw baek2 aja tuh.. --'

eh, kalo kk klas lo ada yg baca postingan ini, lu gabakal aman lagi tuh! hahahaha

Bobby Priambodo said...

@vina Ah rese lu tapi gue udah ahli sih bikin love note haha.
@sella Untungnya sampe sekarang kagak ada yang tau blog gue. Kalo tau? Muati. Haha.

Post a Comment

What do you think?